RSS

PENANGANAN QC

Penanganan QC di PT Sinar SOSRO meliputi :

Incoming Material
Penanganan Incoming Material merupakan kegiatan pengendalian bahan baku untuk proses produksi. Pada saat bahan baku atang akan dilkukan pemeriksaan untuk menghindari adanya bahan yang tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Proses pemeriksaan bahan merupakan bagian dari tugas Quality Control baik pada bahan baku produk yang diterima (incoming materials) maupun pada produk yang telah selesai dikerjakan. Proses inspeksi ini lebih dititik beratkan pada sifat physic dari bahan atau produk yang dihasilkan dari kemungkinan adanya cacat, baik cacat luar maupun cacat dalam. Benda-benda logam atau baja yang telah melalui proses perlakuan panas biasanya sangat mungkin akan terjadi keretakan dibagian kulit, namun pada bahan-bahan tuangan atau casting biasanya cenderung pada cacat dalam, seperti keropos atau berongga.

Water Treatment
Air sebagi bahan baku pembuatan the, berasal dari sumber yang tidak jauh dari perusahaan. Yang dialirkan ke bak reservoir dengan menggunakan pressed tank pump. Pada water treatment terdapat beberapa tahapan proses, yaitu :
a.Reservoir
Air Ditarik dari sumber menggunakan pompa kemudian ditampung di reservoir. Pada tahap ini terjadi klorinasiyang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme.
b.Sand Filter
Pada tangki sand filter terjadi penyaringan oleh pasir silica untuk menyaring kotoran-kotoran yang tidak larut dalam air.
c.Carbon Filter
Pada tangki carbon, karakteristik air seperti bau,rasa,warna dan sisa klorin dari sand filter akan diserap oleh carbon active sehingga didapat air yang tidak berbau,tidak berwarna,tiak berwarna dan bebas klorin.
d.Softener
Air dilewatkn pada tangki softener untuk dihilangkan kesadahannya. Dengan menggunakan tangki softener yang berisi kation exchanger untuk mengikat ion-ion Ca+2 dan Mg+2.

Analist Kimia
Penanganan analis kimia pada perusahaan sangat penting karena menyangkut pada proses pemasakan te,hasil analisa air produk,dan analisa hasil produk.

Analist Mikrobiologi
Analis mikrobiologi berpengaruh pada hasil akhir dari produk berupa analisa tentang keterangan mutu dari produk. Keberadaan analis mikrobiologi sangat penting Karena merupakan syarat untuk menjamin produk sebelum dipasarkan.

Field Inspector
Merupakankegiatan pengawsandi lapangan produksi. Inspector bertugas mengawasi dan mencegah terjadinya kendala yang terjadi selama proses produksi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: